Dua kata itu, “sayuran” dan “kita” adalah cikal bakal kenapa harus “sayurankita”.

Sayuran. Hei…! Manusia mana yang tidak membutuhkan sayur dalam hidupnya…? Zaman yang terus bergulir, teknologi yang terus berkembang, dan kawasan industri yang terus tumbuh tidak serta merta menurunkan konsumsi sayuran, ‘kan? Malah, semakin canggih dan bertambahnya umur bumi, manusia-manusia justru sangat membutuhkan sayuran. Sayangnya, bumi kita semakin kecil untuk sekadar menyediakan tempat menanami sayur.

He-em! Dunia sayuran mengalami saingan ketat dengan dunia teknologi dan industri. Iya, gak, sih…!? Dan, gak ada cara lain agar sayuran tetap eksis selain mengimbangi dan masuk dalam canggihnya dunia teknologi itu.

Yak…!!! Hanya dengan cara memanfaatkan teknologi, sayuran akan bisa selalu ada. Karena pada dasarnya, manusia tetap akan membutuhkan sayuran untuk kelangsungan hidupnya.

“Kita? Kenapa harus kita? Gue ‘kan bukan petani…! Kenapa gue harus ikut dalam menjaga ketersediaan sayuran di bumi..?!”

Hm…! Guys, kita yang berada dalam alam semesta ini saling terkait. Kamu tidak bisa menyerahkan masalah ketersediaan sayuran itu hanya kepada petani. Petani tetap membutuhkan engineer untuk menemukan teknologi yang pas dengan kondisi bumi saat ini. Petani tetap membutuhkan orang yang bergerak di bidang kesehatan untuk mengetahui bahwa hasil yang dia tanam memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Petani tetap membutuhkan orang-orang yang berkonsentrasi pada dunia pendidikan agar ilmu tentang pertanian terus berlanjut dan berkembang, tidak habis hanya sampai di petani. Dan petani, tetap membutuhkan orang-orang yang berkecimpung di dunia sosial dan politik untuk menjamin bahwa apa yang dia tanam bisa dimanfaatkan dan diketahui oleh orang banyak. Begitulah…! Petani memang tidak bisa bergerak sendiri dengan ke-“aku”-annya. Petani membutuhkan “kita” untuk keberlanjutan dan kelangsungannya dalam menyediakan pangan.

Maka, Sayurankita adalah salah satu langkah kecil yang dilakukan oleh sekelompok manusia untuk menyatakan bahwa “sayuran” dan “kita” adalah satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan manusia. Yoi…!! Sayurankita adalah kegiatan urban farming berbasis penggunaan teknologi sederhana yang bercita-cita menyediakan sayuran segar dan pengetahuan untuk kehidupan manusia.

Selamat datang dan bergabung di Sayurankita!

Pekanbanru,  1 April, 2016
Afifah Farida, M.Si.