Jaringan

Dalam rangka pengembangan platform, Sayurankita menjalin kerja kolaboratif bersama beberapa organisasi/komunitas kebudayaan, baik yang berasal dari dalam maupun luar kota Pekanbaru. Berikut adalah beberapa organisasi/komunitas yang saat ini menjadi rekanan atau jaringan Sayurankita. Kami saling mendukung dalam memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan tentang kebudayaan pertanian/agrikultural:

 

Pasirputih adalah organisasi nirlaba egaliter berbasis di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Organisasi ini fokus pada pengembangan pengetahuan literasi media, seni serta studi sosial dan budaya. Pasirputih menginisiasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan persoalan sosial kemasyarakatan, terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat lokal di Pemenang, serta publik di Lombok Utara.


Forum Lenteng merupakan organisasi nirlaba egaliter sebagai sarana pengembangan studi sosial dan budaya yang didirikan oleh mahasiswa komunikasi, pekerja seni, periset dan pengamat kebudayaan pada tahun 2003. Forum ini didirikan sebagai usaha pengembangan pengetahuan media dan seni para anggotanya, dengan cara; produksi, pendokumentasian, riset dan distribusi terbuka. Pengembangan pengetahuan ini menjadi pijakan bagi komunitas untuk membicarakan persoalan sosial masyarakat melalui seni dan media. Setelah duabelas tahun berdiri, forum ini telah berkembang dalam berbagai program atas dukungan kerjasama dengan berbagai lembaga dan komunitas di Indonesia dan internasional.


OK. Video – Indonesia Media Arts Festival merupakan event seni media dua tahunan yang dikelola oleh OK. Video, sebuah divisi dari ruangrupa, Jakarta. Sejak penyelenggaraan pertamanya di tahun 2003, festival ini bercita-cita tinggi untuk mengobservasi, merekam, dan mengkaji perkembangan teknologi media (dan keterkaitannya dengan seni). Divisi OK. Video ruangrupa juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya riset, pengarsipan dan database, lokakarya, dan distribusi informasi dan pengetahuan mengenai seni media di Indonesia dan mancanegara.


Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok studi budaya nirlaba yang berbasis di Solok, Sumatera Barat, berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini berfokus pada penelitian dan pengembangan pengetahuan seni dan media berbasis komunitas di lingkup lokal kota Solok, Sumatera Barat. Gubuak Kopi memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan literasi media melalui kegiatan-kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional (seniman, penulis, dan peneliti) dan warga secara partisipatif, mengembangkan media lokal dan sistem pengarsipan, serta membangun ruang alternatif bagi pengembangan kesadaran kebudayaan di tingkat lokal.


Pekanbaru Hidroponik GreenFarm adalah badan usaha yang menjual berbagai peralatan hidroponik, sistem hidroponik, staterkit, green house, sistem fertigasi, dan juga sayuran. Badan usaha ini juga mengelola semacam kelas mingguan untuk belajar tentang hidroponik, yang dapat diikuti oleh siapa saja secara gratis.


Relair Cinema adalah unit kegiatan mahasiswa FIB UNAND yang bergerak di bidang perfileman.

 

 

 


Sinema Kolekan adalah sebuah inisiatif pemuda yang berfokus pada aktivitas pengarsipan, kuratorial, presentasi, dan pengembangan jaringan komunitas dan pegiat-pegiat muda di bidang audiovisual, khususnya tingkat mahasiswa. Sinema Kolekan diinisiasi oleh Jakarta 32°C melalui program lokakarya filem. Saat ini, Sinema Kolekan juga bertanggung jawab atas pengelolaan Forumsinema, sebuah ruang alternatif untuk pengembangan wacana sinema milik Forum Lenteng, di Gudang Sarinah Ekosistem, Jakarta.


Cafés Society adalah sebuah bioskop mini yang menawarkan pengalaman kolektif dengan menyajikan film, kuliner dan interaksi sosial dalam suasana yang intim dan nyaman. Beragam jenis film dan kuliner dikurasi oleh Forum Film Dokumenter, MES 56, dan Bakudapan Food Study Group untuk mengemas peristiwa menonton yang sedap. Film ditayangkan setiap hari Selasa dan Jum’at pada jam 19.00 dan 21.00 WIB.


Serbuk Kayu adalah sebuah inisiatif yang bergerak dibidang seni dan berbasis di Surabaya. Dipelopori oleh Januar, Impo, Komeng, Condro, Anjas, Obik, Pokak, dan Gundul, inisiatif ini semakin berkembang menjadi sebuah ruang bagi pengembangan wacana seni di Surabaya dengan fokus anak-anak muda sebagai penggeraknya.

 

 


Forum Sudutpandang adalah inisiatif yang berbasis di Palu. Inisiatif ini fokus pada gerakan sosial melalui program workshop, pameran, film dan musik.

 

 


Yoikatra adalah organisasi berbentuk himpunan yang bergiat dalam pengembangan literasi media, pengarsipan, dan pendokumentasian yang berbasis di Timika, Papua.

 


Platform 61 adalah ruang alternatif kerja seni di kota Medan yang harapannya bisa memfasilitasi segala bentuk kegiatan berkesenian yang dikerjakan secara kolektif untuk seorang atau sekelompok seniman, publik umum yang menyukai tentang seni, musisi lokal, dan pelaku wirausaha kreatif, lalu berkolaborasi dengan komunitas-komunitas yang ada, khususnya di bidang seni dan budaya, demi menciptakan kegiatan seni yang reguler, sehingga menghadirkan seni sebagai kebutuhan baru bagi publik umum di kota Medan. Markas Platform 61 berada di Jalan Sei Denai no. 17, kota Medan, Sumatera Utara.