Manshur Zikri

Manshur Zikri lulus dari Departemen Kriminologi, Universitas Indonesia, pada tahun 2014. Aktif sebagai pegiat seni dan budaya, dan kritikus film. Fokus kajiannya adalah film, media, dan kriminologi. Ia sering menjadi editor dalam proyek-proyek penulisan buku dan media online. Anggota Forum Lenteng (organisasi nirlaba egaliter di Jakarta yang fokus di bidang sosial dan budaya) yang bertanggung jawab untuk Program AKUMASSA (program pendidikan dan pemberdayaan media berbasis komunitas).

Tahun 2014, ia menjadi kurator pertama yang diundang oleh Impakt untuk mengikuti program residensi kurator di Utrecht, Belanda; tahun 2016, ia diundang oleh Center for Contemporary Art Ujazdowski Castle untuk mengikuti program residensi kurator di Warsaw, Polandia; dan tahun 2017, dalam kerjasama antara British Council Jakarta dan LUX Moving Image (Inggris), ia berkunjung ke London untuk menjadi salah satu panelis di BFI London Film Festival 2017. Zikri sering diundang menjadi pembicara untuk forum-forum yang berhubungan dengan bidang perfilman, media, dan seni, baik di lingkup nasional maupun internasional.

Di Sayurankita, Zikri berperan sebagai salah satu konseptor, terutama untuk pengelolaan informasi dan edukasi di seluruh kanal media milik Sayurankita, dalam rangka mengelaborasi kerja Sayurankita ke wilayah disiplin seni, media, dan budaya.


AFILIASI
Konseptor – Pusat Studi Agrikultur Sayurankita
Kurator – ARKIPEL Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival
Anggota – Forum Lenteng

KONTAK
Email: manshurzikri@gmail.com
Instagram: @manshurzikri
Facebook: Tooftolenk Manshur Zikri

KANAL MEDIA
Blog:Β https://manshurzikri.wordpress.com/
Academia:Β http://ui.academia.edu/ManshurZikri