Dokumenter Tentang Eksperimen Menanam Tanpa Tanah

Seorang kawan dulu pernah menulis, bahwa Kartini yang telah menghasilkan begitu banyak tulisan inspiratif bagi perkembangan masyarakat, pasti akan menulis juga tentang bumi jikalau ia masih hidup hingga sekarang.[1]

Bukan apa-apa, pendapatnya itu hingga kini melekat di kepala saya. Bahwa, antara pelesetarian alam dan pelestarian ilmu pengetahuan, adalah sama: futuristik. Karena bervisi “masa depan”, arsip dan media adalah utama. Saya pun takjub, sehubungan dengan topik hidroponik ini, Profesor Gericke pun menyadari itu: arsip. Dan dia menggunakan arsip film untuk mengabadikan peristiwa ketika dirinya melakukan eksperimen teknik pertanian tanpa tanah ini.

William Frederick Gericke adalah orang pertama yang meraih sukses besar dalam bereksperimen menanam tanpa tanah, pada tahun 1929. Hasil eksperimennya memproduksi sayuran, buahan, tanaman hias dan sereal, dan bunga. Dia kemudian menyebut eksperimen ini sebagai ‘hidroponik’, lantas menulis buku, berjudul The Complete Guide to Soilless Gardening (Prentice-Hall, Inc, 1940).[2]

Pembaca dapat mengkases sebuah arsip dokumenter, berjudul Growing Plants Without Soil di http://www.archive.org (lihat link pada catatan kaki).[3] Di dalam keterangan terbitan arsip itu, dijelaskan bahwa film tersebut mendokumentasikan eksperimen yang berhasil dari Profesor Gericke, dan Arthur C. Pillsbury, tentang hidroponik dan budidaya tanaman hidroponik berbasis bantuan kimiawi. Film yang diproduksi oleh Bell & Howell Filmo Rental Library ini memperlihatkan proses pertumbuhan tanaman.

Selamat menonton!

 

Endnotes

[1] Riezki Andhika Pradana (2010), “Seandainya Kartini”, akumassa. Diakses dari http://akumassa.org/id/seandainya-kartini/, pada 6 April, 2016.

[2] Maureen Katemopoulos (n.d.), “Hydroponic Plant History”, gardenguides.com. Diakses dari http://www.gardenguides.com/82040-hydroponic-plant-history.html, pada 6 April, 2016.

[3] Hak kepemilikan arsip film berada di tangan pembuat dan produser film itu sendiri. Harap digunakan untuk tujuan pendidikan, bukan untuk komersil. Silakan akses film berjudul Growing Plants Without Soil itu di situs web www.archive.org: https://archive.org/details/6146_Growing_Plants_Without_Soil_01_35_06_08.