Info Buku Panduan #1

Zulfikar Moesa. Hidroponik Kreatif (Membangun Instalasi Unik Menggunakan Barang Bekas). Agromedia Pustaka. 2016.

Buku ini cocok untuk pemula atau para penggemar/pegiat pertanian dan perkebunan yang ingin belajar menanam dengan teknik hidroponik dan ingin membuat instalasi hidroponik sendiri di rumah.

Penulis memaparkan tentang jenis-jenis instalasi hidroponik dan cara pembuatannya dengan rinci. Melalui buku ini, penulis juga memberikan inspirasi tentang pemanfaatan barang-barang bekas untuk membuat instalasi hidroponik secara sederhana, mudah, dan murah. Penulis menggunakan ilustrasi foto agar mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, buku ini juga memberikan tips dan trik dalam penyemaian benih, pengecekan larutan nutrisi, dan pemeliharaan tanaman. Disebutkan juga beberapa hama yang sering menyerang tanaman yang ditanam dengan teknik hidroponik dan cara mengatasinya.

Kelebihan buku ini selain penjelasan rinci dalam pembuatan instalasi hidroponik sederhana, juga terdapat bagian yang menjelaskan tentang pembuatan pestisida nabati untuk mengusir hama yang menyerang tanaman.

Namun, dalam buku ini ada beberapa penjelasan yang kurang lengkap, seperti bagaimana cara memilih benih yang baik, alasan mengapa botol air mineral harus dicat, dan kelemahan serta kelebihan masing-masing jenis iinstalasi hidroponik. ***