Info Buku Panduan #2

Annisa, Febri, dan Leni (Tim Agriflo). Urban Farming (Bertani Kreatif Sayur, Hias, & Buah). Agriflo. 2016. 116 halaman.

Buku ini memberikan pemaparan tentang penerapan urban farming untuk skala rumahan. Secara runut, penulis buku ini menggambarkan dan menjelaskan pengertian urban farming, sejarah kemunculan dan perkembangan urban farming, dan konsep-konsep terkait urban farming yang dapat diterapkan di rumah, di kompleks perkantoran, ataupun taman kota.

Buku ini juga memiliki beberapa informasi rinci tentang tanaman, seperti cara jitu bagaimana mengetahui tanaman yang kekurangan hara, sejarah dan prinsip dasar hidroponik—yang juga merupakan salah satu konsep dalam urban farming—, dan kelebihan serta kelemahan setiap konsep urban farming.

Isi buku yang dilengkapi dengan ilustrasi foto-foto menarik agaknya dapat membuat pembaca tidak bosan saat membaca buku ini dan akan menjadi tertarik serta mendapatkan inspirasi dengan konsep urban farming yang sederhana, murah, dan mudah untuk diterapkan.

Buku ini ditutup dengan tips dan trik dalam menanam tanaman, mulai dari memilih benih, contoh-contoh media tanam, cara melakukan penyemaian, dan teknik bertanam, baik secara konvensional, vertikultur, maupun hidroponik. Buku ini mengajak pembaca untuk menjadi petani kota dengan mudah dan penuh kreativitas. ***