Info Buku Panduan #3

Kunto Herwibowo & N. S. Budiana. Hidroponik Sayuran (Untuk Hobi & Bisnis). Penebar Swadaya. 2015. (Cetakan ke-3). 132 halaman.

Buku ini tepat bagi para penggemar atau pegiat pertanian/perkebunan yang ingin membangun usaha hidroponik. Secara umum, penulis buku ini memaparkan bagaimana pasar, peluang, dan untung-rugi usaha sayuran hidroponik. Dibantu dengan ilustrasi foto dan contoh-contoh metode hidroponik, penulis memberikan inspirasi dalam mengelola usaha pertanian/perkebunan hidroponik, baik untuk skala rumahan maupun skala yang diniatkan untuk kebutuhan bisnis.

Kelebihan buku ini adalah keterangan foto yang jelas dengan keterangan rinci. Kita dapat mengetahui berbagai macam jenis sayuran yang dapat dikembangkan dengan hidroponik. Buku ini juga memberikan pilihan-pilihan komoditas sayuran yang dapat dijadikan sebagai komoditas utama usaha hidroponik.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan secara jelas tentang nutrisi hidroponik, apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun kebun hidroponik dengan konstruksi yang sederhana, dan tentang masalah apa saja yang akan dihadapi dalam berhidroponik.

Terdapat juga tips dan trik dalam menanggulangi hama dan penyakit tanaman, penjelasan pestisda nabati, cara memanen, dan cara mengemas produk sayuran untuk dapat meningkatkan nilai jual sayuran. Di bagian terakhir buku ini terdapat tabel yang menjelaskan untung-rugi, dihadirkan sebagai gambaran untuk para pemula yang ingin mencoba berbisnis sayuran hidroponik. Buku ini juga dilengkapi dengan CD tutorial. ***