Info Buku Panduan #4

Teguh Sutanto. Rahasia Sukses Budidaya Tanaman dengan Metode Hidroponik. Bibit Publisher. 2015. 152 halaman.

Sebelum membahas teknologi hidroponik, penulis buku ini menjelaskan tentang sejarah, keunggulan dan kelebihan hidroponik, dan alasan-alasan untuk berhidroponik. Kemudian penulis menjabarkan langkah-langkah yang perlu kita lakukan, mulai dari penyemaian hingga penanganan pascapanen agar berhasil dalam berhidroponik.

Keunggulan buku ini, daripada beberapa buku hidroponik yang telah diulas Sayurankita beberapa waktu yang lalu, adalah buku ini menjelaskan fungsi nutrisi bagi tanaman dan menjelaskan gejala yang terjadi pada tanaman ketika terjadi defisiensi (kekurangan) nutrisi. Selain itu, penulis juga memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat sendiri larutan nutrisi untuk kebutuhan tanaman hidroponik. Penulis juga memaparkan hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman, serta menjelaskan bagaimana cara penanggulannya. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi foto berwarna yang menunjang penjelasan dari si penulis sehingga mudah dimengerti.

Dalam buku ini, si penulis memberikan panduan hidroponik sederhana yang dapat dilakukan para pemula yang ingin menanam lewat metode hidroponik. Beberapa metode yang dijelaskan, antara lain adalah sistem apung dan penggunaan barang bekas (botol mineral).

Kelemahan buku ini adalah, penjelasan yang tidak terlalu rinci tentang kelemahan-kelemahan metode hidroponik yang sudah dijelaskannya. Misalnya, tidak ada informasi lengkap tentang kemungkinan lumut yang akan tumbuh jika botol air tetap transparan (terkena sinar matahari), atau penjelasan mengapa air nutrisi perlu diganti secara berkala.

Di akhir buku ini, dipaparkan pula analisis usaha yang berhubungan dengan kegiatan bertanam hidroponik, mulai dari penjelasan tentang biaya investasi, biaya operasional, hingga tentang perhitungan untung-rugi.

Buku ini perlu dibaca untuk para penggemar pertanian/perkebunan rumahan yang ingin menekuni hidroponik menjadi suatu usaha yang menguntungkan.

Buku ini sudah ada di toko-toko buku, ya, man-teman!