Aksara Tani

Aksara Tani adalah proyek kolaborasi site-specific yang diselenggarakan oleh Sayurankita, Pasirputih, The This-kon, dan Forum Lenteng. Proyek ini mengelola lahan/tanah yang ada di area rumah singgah The This-kon, Gili Meno, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara untuk dijadikan sebagai kebun yang akan diberdayakan sebagai salah satu sarana ketahanan pangan masyarakat lokal dan ruang untuk menggiatkan gerakan literasi pertanian. Untuk tahap awal, Aksara Tani diselenggarakan mulai dari bulan September hingga Desember 2017. Proyek ini akan diniatkan sebagai proyek berkelanjutan yang akan dikelola oleh keempat lembaga tersebut.

Baca artikel-artikel terkait proyek ini:

  • Meninjau Relief di Monumen Bumi Gora (9/9/2017) - Monumen Bumi Gora dibangun pada tahun 1988, masa pemerintahan Soeharto. Sebagaimana yang tertulis di batu tersebut, pembangunan monumen ini dianggap sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan NTB dalam menanam padi gogo dan dapat membantu usaha pencapaian swasembada pangan pada tahun 1984.
  • Kabar Aksara Tani #001: AksaraPangan Dahulu (9/9/2017) - Menurut sudut pandang saya pribadi, relief-relief di Monumen Bumi Gora adalah salah satu aspek terpenting yang mesti dikaji untuk memahami bagaimana negara pada masa itu (dan hingga masa kini) menanamkan "cita-cita ketahanan pangan" kepada masyarakat, khususnya di provinsi Nusa Tenggara Barat.
  • AKSARA TANI: Proyek Pemberdayaan Pertanian (8/29/2017) - Pengembangan lahan pertanian yang akan kami kerjakan ini nantinya diniatkan sebagai salah satu strategi alternatif dari aksi pemberdayaan yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pengelolanya.