Aksara Tani

Aksara Tani adalah proyek kolaborasi site-specific yang diselenggarakan oleh Sayurankita, Pasirputih, The This-kon, dan Forum Lenteng. Proyek ini mengelola lahan/tanah yang ada di area rumah singgah The This-kon, Gili Meno, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara untuk dijadikan sebagai kebun yang akan diberdayakan sebagai salah satu sarana ketahanan pangan masyarakat lokal dan ruang untuk menggiatkan gerakan literasi pertanian. Untuk tahap awal, Aksara Tani diselenggarakan mulai dari bulan September hingga Desember 2017. Proyek ini akan diniatkan sebagai proyek berkelanjutan yang akan dikelola oleh keempat lembaga tersebut.

Partisipan Proyek

Ko-koordinator:
1. Afifah Farida (Sayurankita)
2. Muhammad Imran (The This-kon)
3. Sri Hayati (The This-kon)

Pegiat:
4. Hamdani (Pasirputih)
5. Muhammad Gozali a.k.a Amaq Dahrun (Pasirputih)
6. Muhammad Sibawaihi (Pasirputih)
7. Sumaidi (warga lokal Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Bekerja sebagai pengelola sampah di Gili Meno, supir, petani, dan tukang/montir)
8. Indah Maulida (warga lokal Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Saat ini bekerja di The This-kon)
9. Ririn Arliani (warga lokal Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Saat ini bekerja di The This-kon).

Redaksi:
10. Manshur Zikri (Forum Lenteng)


Kumpulan Artikel Aksara Tani
  • Menjajaki Teknologi Pertanian Lahan Kering: liputan diskusi (9/27/2017) - Simpulan dari diskusi publik pada hari itu adalah, lahan kering bukan berarti tidak bisa ditanami apa-apa ketika musim kering tanpa air. Lahan kering masih dapat ditanam dengan komoditas-komoditas yang sesuai dengan kondisi tanah dan iklimnya, seperti menanam tembakau, jagung, kacang-kacangan, dan umbi-umbian yang relatif tahan hidup tanpa air.
  • Meninjau Relief di Monumen Bumi Gora (9/9/2017) - Monumen Bumi Gora dibangun pada tahun 1988, masa pemerintahan Soeharto. Sebagaimana yang tertulis di batu tersebut, pembangunan monumen ini dianggap sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan NTB dalam menanam padi gogo dan dapat membantu usaha pencapaian swasembada pangan pada tahun 1984.
  • Kabar Aksara Tani #001: AksaraPangan Dahulu (9/9/2017) - Menurut sudut pandang saya pribadi, relief-relief di Monumen Bumi Gora adalah salah satu aspek terpenting yang mesti dikaji untuk memahami bagaimana negara pada masa itu (dan hingga masa kini) menanamkan "cita-cita ketahanan pangan" kepada masyarakat, khususnya di provinsi Nusa Tenggara Barat.
  • AKSARA TANI: Proyek Pemberdayaan Pertanian (8/29/2017) - Pengembangan lahan pertanian yang akan kami kerjakan ini nantinya diniatkan sebagai salah satu strategi alternatif dari aksi pemberdayaan yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pengelolanya.

Vlog Aksara Tani

Kumpulan video blog (vlog) berikut adalah rekaman-rekaman video (berdurasi +/- 1 menit) yang sudah pernah diterbitkan melalui akun Instagram @sayurankita, sebagai dokumentasi harian tentang kegiatan sehari-hari para pegiat proyek Aksara Tani. Oleh redaksi Sayurankita.com, rekaman-rekaman tersebut diunggah kembali ke kanal YouTube Sayurankita dengan tambahan subtitle bahasa Indonesia dan Inggris.